-->
travelling di kota pelajar

Travelling menyenangkan di kota Yogyakarta

Suatu hari kami mulai merencanakan untuk pergi berlibur dari kepenatan kerja,  maka kami pun merencanakan pergi ke beberapa kota yang selama ini menjadi tempat tujuan wisata, kami pun mulai mencari akses melalui internet dan men list satu persatu daerah nya akhirnya kami mulai rapat mengenai tempat tujuan itu dan hasil rapat di putuskan daerah tujuan wisata kami ke kota Yogyakarta, karena akses yang di tempuh relatif dekat dari tempat kerja,  aku pun mulai bertanya kepada kawan yang sudah pernah berlibur kesana, menurut pendapat mereka kota Yogyakarta adalah kota yang nyaman, kuliner disana murah, tempat tujuan wisata nya pun dekat dengan statsiun, harga kamar hotel pun bisa  terjangkau dengan keuangan kami,

Setelah di putuskan kami akan berlibur ke Yogyakarta maka kami pun mencari tiket kereta kesana, dan mencari penginapan di sekitar statsiun agar semua terjangkau dan pikir kami agar kalau kami pulang setelah berlibur langsung pulang karena dekat dengan statsiun.

I7

Maka tiba lah saat keberangkatan kami ke kota Yogyakarta, kami pun janjian di statsiun pasar senen daerah Jakarta, perjalanan menuju kota jogja dari Jakarta itu sekitar 8 jam.

( foto tiket dan harga nya)

Dan akhirnya jam 8 malam kami sudah sampai di statsiun lempuyangan,  ini saat pertama kali kami ke Yogyakarta kesan kami terhadap kota ini sungguh nyaman karena statsiun nya bersih dan tertata rapih padahal ini bukan lah statsiun pusat melainkan statsiun ekonomi nya, berhubung malam sudah tiba maka kami pun secepatnya keluar dari statsiun untuk mencari makan karena perjalanan 8 jam itu sudah mulai membuat perut kami keroncongan. Hehe

Kami pun berjalan kaki dari statsiun lempuyangan menuju statsiun Yogyakarta, jarak yang kami tempuh sekitar 1 Km, setelah kami sampai statsiun jogja lalu kami mulai hunting kuliner akibat perut yang lapar ini, karena nasi kucing merupakan ciri khas kota ini maka kami pun makan di lesehan sebelahnya statsiun.

( foto kami makan di lesehan statsiun jogja)

Jujur ini pertama kali aku makan di lesehan, karena biasa nya di jawa barat kami makan di bangku yang sudah ada tempat duduknya, ini lesehan hanya ber Alaskan tikar sederhana, simple tapi menyenangkan, kuliner nasi kucing nya pun enak apalagi ada kopi joss kopi yang ada hanya di kota ini,  di sini banyak yang datang khususnya wisatawan seperti kami tapi tidak hanya wisatawan lokal saja tapi banyak pula wisatawan luar negeri pun kesini, ini salah satu tempat kumpul mahasiswa jogja berbagai kampus kumpul disini,  melihat di sekitar mahasiswa berdiskusi membuatku kagum di kota ini,
Setelah kami puas ber kuliner dan ngopi disini maka tiba saatnya berjalan-jalan malam di kota ini sambil mencari penginapan di sekitar jl.marlioboro letaknya dekat statsiun dan tempat makan lesehan ini,

( suasana marlioboro di malam hari )

Di sini suasana ramai makanya kami menikmati malam di kota Yogyakarta, penduduk nya ramah dan kami pun memilih berjalan kaki menuju titik 0 km nya jogja

( foto  di 0 km Yogyakarta)

Setelah titik 0 km jogja kami pun berpisah menuju tempat penginapan masing masing, jujur disini harga kamar losmen itu terjangkau dengan keuangan kami harga tarif losmen hanya 75 rb per hari nya. Dan untuk kamar hotel sekitar 250 rb, termasuk murah untuk seseorang yang mau berlibur di daerah ini.
            Setelah sampai di losmen menginap kami pun beristirahat sejenak, malam pun berganti sinar surya mulai menerangi bumi, saatnya bangun dan melanjutkan trip perjalanan mumpung sedang berlibur, aku memutuskan uintuk menyewa kendaraan khususnya motor karena menurut banyak orang jogja ini ada penyewaan motor, mulai lah aku bertanya tanya kepada beberapa orang dan ternyata benar ada persewaan motor tarif sewa motor 12 jam itu 80 rb. Motor sudah dapat saatnya hunting tempat wisata yang dekat dekat dulu.

( suasana pagi hari jogja )

Aku pun mulai berjalan menuju benteng vredeburg tempat wisata yang terdapat di area marlioboro. Salah satu monument sejarah Yogyakarta

( suasana dalam benteng vredeburg )

Biaya wisata masuk kedalam benteng ini hanya Rp. 2000 dan parkir  motor nya Rp. 3000 disini kami mendapatkan pengetahuan sejarah dimasa penjajahan dulu, banyak hal menarik disini yang tidak dapat di katakan dengan kata kata,  kalau kalian ada waktu berlibur ke jogja sempatkan lah mampir ke benteng ini di jamin kalian tak akan menyesal. Setelah puas disini kami pun memutuskan kembali jalan menuju tempat wisata keraton lain nya

( suasana di dalam museum keraton )

Di dalam museum keraton juga banyak hal yang menarik sehingga aku pun takjub melihatnya. Kita bisa berinteraksi dengan abdi dalam keraton, mengenai sejarah keraton tiket masuk museum keraton jogja hanya Rp.8500 menyenangkan bukan berlibur sambil  berwisata sejarah..

Setelah selesai disitu kami ke taman sari tempat sejarah keraton juga letak posisi nya di area komplek keraton lain nya

( suasana taman sari )

Bangunan ini merupakan komplek keraton tempat bersejarah pula, biaya masuk ke tempat ini Rp.5000 di sini kita bisa melihat pemandian raja, ada masjid bawah tanah dan bangunan sejarah lain nya

( masjid bawah tanah keraton Yogyakarta )

( situs pulo )

Cukup puas kami bermain sambil belajar disana akhirnya kami pun memutuskan untuk pergi ke tempat lain walaupun masih di area komplek keraton itu karena jam berkunjung pun telah habis di area taman sari ini. lalu kami pergi ke alun alun utara masih dalam area komplek kraton.

( alun alun utara Jogjakarta )

Disini kami beristirahat sejenak dan kuliner makanan disini tempat yang nyaman dan salah satu tempat favorite di Yogyakarta menurutku karena tidak ada pengamen dan pengemis jadi nyaman nya full dewh coba ajja kalian kesana di jamin asyik..

Setelah istirahat dan makan disini kami pun berjalan memutari alun alun ini menuju sisi selanjutnya yaitu alun alun kidul.

( alun alun kidul )

Disini kita bisa bermain odong odong memutari area ini dan serunya menurut cerita banyak di dalam ini ada pohon beringin kembar yang sudah tua nah mata kita di tutup untuk melewati pohon ini apabila kita berhasil mitosnya tujuan kita bisa terlaksana.. seru kan…

Malam pun semakin larut tapi kota jogja semakin ramai dengan wisatawan saatnya kami pergi keluar area keraton ini rencana kami pergi ke tugu jogja tempat dimana landmark nya jogja karena menurut banyak kawan bercerita ke jogja tak akan pernah syah apabila belum pernah kesana.Dari komplek keraton ini ke tugu jaraknya lumayan dekat hanya 15 menit perjalanan

( tugu Jogjakarta )

Kami pun berfoto dengan tugu yang sudah ada dari zaman mataram dan tempat perpisahan kami karena malam sudah larut, dan ending nya kami harus pulang untuk kembali ke jawa barat tempat rumah kami..  musim liburan pun habis saatnya kembali ke rumah masing masing.. satu kata Jogjakarta ialah tempat yang nyaman dan memang benar mengangenin.. aku yakin suatu saat aku harus kesini lagi untuk bernostalgia dengan suasananya..

2 Responses to "travelling di kota pelajar"

1. Ceritanya menarik..
    Tetapi kapan mau ngajak kita-kita untuk jalan

2. Doakan saja teman mu ini punya rezeki insya allah kita jalan jalan lagi bro.. amien