-->
Pengelasan TIG (Tungsten Inert Gas Welding)

Pengelasan TIG (Tungsten Inert Gas Welding)


Yogyakarta : Salam jumpa kembali sahabat blog. kali ini penulis akan mencoba menjabarkan alat dan bahan apa saja yang digunakan dalam sebuah proses pengelasan, seperti kita ketahui pengelasan merupakan penyambungan dua material secara permanent dengan cara mencairkan kedua material yang akan disambung dan diikuti oleh material pengisi.

Adapun macam-macam pengelasan yang sering dipakai di dalam industri yaitu :

  • SMAW (Shield Metal Arch Welding)  adalah las busur nyala api listrik terlindung dengan mempergunagakan busur nyala listrik sebagai sumber panas pencair logam. Jenis ini paling banyak dipakai dimana–mana untuk hampir semua keperluan pekerjaan pengelasaan. Tegangan yang dipakai hanya 23 sampai dengan 45 Volt AC atau DC, sedangkan untuk pencairan pengelasan dibutuhkan arus hingga 500 Ampere. Namun secara umum yang dipakai berkisar 80 – 200 Ampere.
  • Gas Metal Arc Welding (GMAW/MIG) adalah Ada 2 macam pada pengelasan jenis ini yaitu MIG (Metal Inert Gas) dan MAG (Metal Active Gas). Perbedaan keduanya adalah pada gas yang digunakan dalam proses pengelasan. Proses MIG memakai gas mulia saja; Argon, Helium, sedangkan MAG menggunakan gas CO2 atau campuran dengan argon.
  • TIG (Tungsten Inert Gas Welding) atau sering disebut las busur gas elektroda tungsten. Pengertian Las Argon ini adalah salah satu metode yang termasuk paling penting dalam pekerjaan baja paduan tinggi atau hugh alloy dan logam bukan besi atau non feroous misalnya aluminium, titanium, tembaga, molibdenum dan paduannya. Dengan stabilitas busur yang tinggi, maka las argon atau Las TIG atau Las GTAW (Gas Tungsten Arc Welding) adalah terbaik dari pada proses las listrik modern lainnya. Hal tersebut terjadi  karena penyebaran panas yang berlebihan pada benda kerja dikurangi dengan penambahan gas pelindung inert yang juga sekaligus gas pendingin.
Penjelasan pada artikel ini yaitu alat dan bahan yang digunakan pada proses pengelasan TIG yang pernah penulis lakukan saat kerja praktek di sebuah perusaahan.

Alat yang digunakan pada proses pengelasan TIG (las argon)
  • Foto Mesin Las TIG
  • Foto Tabung Oksigen
  • Foto Regulator Dan Flowmeter
  • Foto Mesin Pendingin Mesin Las
  • Foto Stang Las

Adapun bahan-bahan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut:
  • Foto Plat Alumunium Seri 6061
  • Foto Elektroda Tungsten 
  • Foto Kawat Las Tipe ER 5356

Mungkin hanya itu saja yang bisa penulis sampaikan tentang alat dan bahan yang digunakan penulis saat melakukan penelitian proses pengelasan TIG di sebuah perusahaan. semoga artikel ini bermanfaat. terima kasih telah berkunjung di blog ini hormat saya (Harmony Kelam)

0 Response to "Pengelasan TIG (Tungsten Inert Gas Welding)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel