-->
Masjid Al - Mustofa

Masjid Al - Mustofa

Dear sahabat blog. Salam jumpa kembali

Bercerita tentang Kota Bogor memanglah sangat menyenangkan  apalagi kalau bercerita tentang wisatanya, akan tetapi wisata bukan hanya wisata alam saja terdapat beberapa jenis wisata seperti wisata Edukasi, wisata Museum ataupun wisata lain nya, dan tidak lupa wisata Religi nya seperti Tempat Ibadah ataupun tempat Kawasan Ziarah Tokoh Masyarakat.


                                            (Gang Masjid AL Mustofa)

         Kali ini penulis akan menceritakan tempat Wisata Religi yang terdapat di Kota Bogor yakni Masjid Al – Mustofa, yaitu sebuah masjid yang terletak di Kecamatan Bogor Utara, Jl. Ciremai Ujung, Kampung Bantarjati Kaum, Gg. Masjid Rt 04 Rw  10, Kota Bogor




            Masjid ini merupakan masjid yang menyimpan sejarah tentang penyebaran agama islam di Kota Bogor dan juga merupakan masjid tertua di Kota Bogor. Adapun sejarah singkatnya yaitu Masjid ini dibangun oleh dua orang penyebar agama islam yang masih keturunan Wali Songo, Kedua orang itu bernama Tubagus H Mustofa Bakri yang berasal dari Banten dan Raden Dita Manggala yang berasal dari Cirebon.

            Perlu Diketahui, Masjid ini didirikan pada 8 Februari 1307 Masehi atau 2 Ramadhan 728 Hijriah dan telah ditetapkan oleh pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebagai cagar budaya pada tahun 2011. Oleh karenanya masjid ini merupakan masjid tertua di Kota Bogor.

            Di dalam masjid terdapat benda peninggalan sejarah, benda tersebut merupakan sebuah Al – Qur’an dan buku khotbah shalat jum’at yang ditulis tangan oleh Tubagus Mustofa Bakri, Al-Qur’an ini ditulis pada lembaran kulit, kedua benda sejarah tersebut diperkirakan usianya sama dengan usia masjid tersebut.

                                                   
                                                     ( Al - Qur'an dan Khutbah Jum'at)





            Keunikan Lainya di Masjid al Mustofa yaitu terdapat mata air yang jaraknya tidak jauh dari letak masjid, air tersebut tidak pernah mengering walaupun pada saat musim kemarau tiba, air mata air tersebut di tampung dalam penampungan yang terdapat di dalam area masjid lalu dialirkan ke rumah-rumah warga, untuk dipakai keperluan sehari-hari warga seperti mandi, cuci baju, dll

            Adapun kegiatan-kegiatan bersifat keagaamaan rutin dilakukan di Masjid ini seperti pengajiaan, Tabligh Akbar, Maulid Nabi Muhammmad S.A.W, Santunan Anak Yatim,Rajab’an, dll. Dan ada juga kegiatan yang berbentuk kemanusiaan, contohnya warga Bantarjati Kaum (Khususnya Jama’ah Masjid Al Mustofa) dan di bantu oleh Front Pembela islam (FPI) DPC Kota Bogor mengumpulkan pakaian layak pakai lalu menjual pakaian tersebut dan hasil penjualannya dibagikan ke korban bencana alam longsor di Desa Cigudeg, Kabupaten Bogor. Untuk membantu sesama muslim yang telah mengalami musibah bencana alam.

                                                     
                                         ( Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Al Mustofa)



(Kegiatan Pengajian)

                                                    
                                     ( ibu-ibu yang membantu menyiapkan konsumsi untuk pengajian)

                                              
                                            








                                     
                                 (Kegiatan Bazar Amal Untuk Membantu Korban Bencana Alam)

            Kegiatan tersebut merupakan sebuah nilai tambah untuk para jama’ah masjid Al Mustofa. Semoga artikel ini menjadi bahan referensi kalian apabila kalian mengunjungi kota bogor untuk berwisata religi di kota ini. Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Salam hormat. (Harmony Kelam)

1 Response to "Masjid Al - Mustofa"

  1. guy tang titanium toner - Titsanium Art
    Titsanium Art. Made with titanium eyeglass frames the finest 넷마블 바카라 quality Titsanium. Made titanium money clip with premium titanium trim hair cutter reviews Titsanium. All Titsanium Stickers Available. ti89 titanium calculator

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel