-->
Himpunan Mahasiswa

Himpunan Mahasiswa

Himpunan adalah suatu wadah untuk belajar cara berorganisasi; suatu pembelajaran yang tak pernah ada di dalam materi perkuliahaan. Di sini kita bisa belajar membentuk kepercayaan diri, belajar cara bersosialisasi dengan orang lain, mengembangkan ide ide kreatif, berdiskusi dan masih banyak hal lain yang bisa kita pelajari di himpunan itu sendiri. 

Himpunan sendiri mempunyai Aturan Dasar dan Rumah Tangga (ADRT). Jadi, setiap himpunan akan berbeda ADRT  nya. Adapun fungsi ADRT ialah suatu aturan di dalam organisasi yang telah disepakati bersama oleh para pengurus organisasi; ADRT  merupakan suatu ketetapan yang sudah tidak bisa terbantahkan lagi. Setiap tahun nya, akan diperbaharui pada saat menjelang ketua himpunan akan turun dari jabatan nya dan digantikan dengan generasi selanjutnya. 

Semua hal akan dibahas di dalam Aturan Dasar Rumah Tangga (ADRT), termasuk cara sosialisasi pengenalan himpunan terhadap adik adik mahasiswa baru (maba), perekrutan anggota baru, visi misi himpunan dan lain-lain. 


  • Jadi, fungsi sebuah Himpunan secara jelas adalah sebagai upaya nyata untuk dapat membina, mengembangkan serta memajukan kreativitas pada diri generasi-generasi penerus bangsa dan masyarakat umum, khususnya di kalangan mahasiswa.

Sisi positif  lain dari mengenal dan terlibat aktif dalam sebuah himpunan ialah, kita akan lebih bersemangat untuk datang ke kampus dan betah berlama-lama di sana. Karena setiap harinya akan selalu ada hal baru, sementara sekretariat adalah rumah kedua untuk kita. Rumah menimba ilmu, karena ilmu menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk masa depan. Selain itu, sekretariat juga merupakan tempat yang benar - benar nyaman dan karenanya, jika telah mengenal lebih jauh, menjadi sesuatu yang terasa wajib untuk kita datangi.

Sebagaimana kita sebagai mahasiswa yang banyak waktu senggang, kita bisa memanfaatkan waktu senggang kita untuk belajar berorganisasi. 

Bagaimapun, kehidupan tidak lah bisa dilepaskan kaitannya dengan ber-organisasi, dalam ruang lingkup terkecil sekalipun. Lebih jauh, organisasi juga menempah diri menjadi pribadi yang luas wawasan, tidak hanya sebagai mahasiswa kupu – kupu (kuliah-pulang, kuliah-pulang).

Memang benar, materi yang diberikan dosen di kampus adalah ilmu yang bermanfaat, tetapi, yang kita khawatirkan apakah benar suatu saat jika kita memasuki dunia kerja akan sama kebutuhannya dengan yang hanya di dapat dari materi di kampus?.

Menurut hasil survey, fakta di lapangan akan sangat berbeda dengan jurusan yang telah kita ambil di dunia perkuliahan. Karenanya, ilmu dalam ber-organisasi lah yang pasti terpakai di dunia kerja walaupun jalur berbeda sebagaimana yang kita tekuni di bangku perkuliahan. Maka dari itu, selagi kita ada kesempatan di waktu luang, manfaatkanlah dengan hal yang positif seperti organisasi. Itulah sebabnya organisasi merupakan hal yang penting dan harus selalu diingat bahwa, “Himpunan Mu adalah Rumahmu”. 

Tidak sampai di situ, sebuah Himpunan akan menjadi besar dan kuat disebabkan karena kalian lah yang bisa menciptakan itu semua. Bagi yang telah menjadi bagian dari himpunan atau yang kebetulan tengah menduduki kursi kepengurusan, hendaknya senantiasa dijaganama baik himpunan itu sendiri, di mana pun kalian sedang berada. Sebabnya, menjaga nama baik himpunan tidak berbeda dengan menjaga nama baik kampus mu sendiri. Baik atau pun buruknya wajah sebuah himpunan, tergantung pada kalian. 




0 Response to "Himpunan Mahasiswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel